Skip to main content

Pesona Khas Goa Jomblang


Pada saat musim liburan seperti ini banyak sekali yang datang ke tempat-tempat wisata tidak heran kalau di beberapa kota semakin banyak tempat wisata dibuka, para wisatawan biasanya mencari tempat-tempat unik untuk dikunjungi atau tempat yang menawarkan keindahan, ada salah stau tempat di daerah istimewa yogyakarta yang sedang populer dan banyak dibicarakan karena keindahan tempatnya yaitu goa jomblang.

Goa jomblang beradad kawasan gunungkidul konon katanya ketika memasuki goa jomblang ini para wisatwan akan disuguhkan dengan aktivitas ekstrin dan dijamin memacu adrenalin, goa yang juga disebut dengan goa vertikal karena mulut goa yang ada di permukaan tanah dan ketika para wisatawan ingin masuk harus meggunakan tali agar bisa mencapai bagian dasar goa. Medan yang ditempuh bisa dikatakan menantang dengan kedalaman yang bervariasi yaitu antara 15 meter hingga 80 meter.

Tentunya yang 15 meter itu untuk pemula yang baru pertama kali datang ke goa jomblang, dan yang paling dalam akan dilakukan oleh orang-orang yang sudah berpengalaman. Ketika pertama melakukan aktivitas di goa jomblang ini akan dilakukan pengarahan dan pelatihan singkat soal bagaimana cara menuruni goa dengan cara yang aman, juga ada pemandu yang suda siap sedia menjaga para wisatwan karna sudah meguasai medan goa jommblang.

Meski begitu banyak seklai pengunjung yang datang ke goa jomblang barangkali karena penasaran dengan bagaimana keindahan goa yang ditempuh dengan cara yang sulit dan sedikit ekstrim dan berbahaya. Letak goa jomblang sendiri berada di daerah, pegunungan karst di padukuhan jetis wetan desa pacarejo kecamatan semanu kabupaten gunungkidul di yogyakarta.

Goa jomblang ini menawarkan pemandangan yang tidak biasa berupa hutan purba dan pancaran cahaya yang juga seringkali masyarakat setempat menyeutnya dengan pancara cahaya surga yang muncul setiap pukul 12.30 wib. Dari kota yogyakarta sendiri goa jomblang dapat ditempuh dengan mengikuti rute biasa dan waktu yang dihabiskan adalah sekitar satu setengah jam dan para wisatwan bisa sampai di goa jomblang.